Selasa, 27 Januari 2015

Tugas 1 Komputer Terapan

Mikroprocessor adalah sebuah komponen rangkaian elektronik terpadu yang terdiri dari rangkaian aritmatik, logik dan kontrol yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi sebuah CPU (Central Processing Unit) dari sebuah komputer digital. Rangkaian elektronika terpadu tersebut dapat menerjemahkan dan menjalankan instruksi dari sebuah program serta menangani operasi aritmatik.

Beberapa contoh Mikroprocessor :


Gambar 1.1
Mikroprosessor Pentium MMX
Gambar 1.2
Mikroprosessor ARM

Gambar 1.3
Mikroprosessor Intel 8080 (8 bit)
                   



















Fungsi Mikrokontroler adalah sebuah rangkaian paling sederhana dari sebuah mikrokontroler agar IC mikrokontroler tersebut bisa beroperasi dan diprogram. Dalam aplikasinya sistem minimum sering dihubungkan dengan rangkaian lain untuk tujuan tertentu. Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat sistem minimum mikrokontroler, yaitu:
1.Powersupply
2.Isolator
3.ISP (In-System Progmmable)

Sistem Minimum Mikrokontroler dibuat untuk di program. Prinsipnya mikrokontroler bisa diprogram secara parallel atau secara seri. Pemrograman mikrokontroler secara seri atau lebih dikenal dengan ISP tidak perlu memerlukan banyak jalur data. Tapi ISP memiliki kelemahan, jika salah setting fuse bit yang memiliki fungsi fital misal pin reset di disable maka alamat DEH sudah tidak bisa digunakan lagi. Untuk mengembalikan settingan fuse bit tadi, harus menggunakan pemrograman tipe parallel (high voltage programming).

Penerapan mikrokontroler pada kehidupan sehari-hari :
toaster, mesin cuci, microwave, magic com, lampu lalulintas, PABX mini, SMS Gateway, radio militer frekuensi hopping (radio komunikasi anti sadap dengan lompatan frekuensi 100 kali dalam 1 detik), sistem pemantau cuaca menggunakan balon udara, Automatic Vehicel Locator (menggunakan GPS) dan sebagainya.

1 komentar:

  1. How to Play Baccarat - FEBCASINO
    The bettor must select a table from the table, and before placing the initial 카지노 bet, the 바카라 사이트 player must enter the table at odds of 1/2 바카라 사이트 or greater or

    BalasHapus